Selasa, 05 Januari 2016

IJEN : BEAUTY OF NATURE


Pada kesempatan kali ini sob, aku akan cerita pengalaman ku yang pertama kali mendaki gunung. Uniknya sob, meskipun sejak lahir procot sampai sebesar ini domisilinya di Banyuwangi yang notabene nya itu tempatnya gunung-gunung utamanya gunung Ijen, baru pertama kali ini nih aku mendaki, parah ya sob?? Hehehe. Cekidot dah ya sob kita explore keindahan gunung Ijen.
Awal mula petualangan ku ini bermula dari 100 mimpi yang aku tulis sob, salah satunya adalah mendaki ke gunung Ijen. Nah, awalnya sih bingung, gimana cara ngewujudinnya. Seiring berjalannya waktu nih, ada temenku yang rumahnya deket ama wisata gunung Ijen ini. Ya udah akhirnya janjian dan komitmen (kayak apa aja hihihi). Pokoknya libur semester satu harus ke Ijen. Alhasil waktu selang sehari setelah libur semester aku jadi berangkat ke Banyuwangi sob, ke rumahnya temanku itu. Perjalanan ke Banyuwangi cukup lancar sob, sebab ini nih keunggulan yang coba ditawarkan bapak Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, yaitu kemudahan transportasi. Beda banget ama Jember sob. Dan yang bikin aku kagum luar biasa, bersih banget sob ijo royo-royo. Beda ama Jember yang kotor, banyak pedagang kaki lima di trotoar sob. Hebat deh Bapak Bupati kita yang satu ini.

Kembali ke benang merahnya sob, sampai di rumah temenku ini aku istirahat sebentar sob, baru berangkatnya jam 2 siang. Kami berangkat berempat sob, ada Aku, Yogi, Manda mbak Prelia. Pakai 2 sepeda motor, Yogi ama Manda pakai Yamaha aku pake beat sob ama mbak Prelia. Perjalanan menuju kesana sempat kesasar lo sob, gara-gara kita nya ndak lihat plang menuju Ijen hehehe, maklum. Wah, ternyata cobaan nya bukan itu aja sob, ada tanjakan dengan kemiringan ekstrem sob, alhasil terpaksa dah harus jalan sob, capek bukan main loh.
Sesampainya disana, tempat yang langsung dikunjungi adalah mushola sob. Masyaallah sob, musholla nya kurang terawat, kotor lo sob. Air nya dingin banget sob, brrrr. Selapas sholat kita 
dapat tempat, lumayan nyaman sih bro. Ini nih suasananya kawasan pos 1 semakin sore.
Semakin sore tambah dingin sob, tau nggak aku lo sampai pakai 2 rangkap baju sob, ditambah satu lagi dengan jaket, lengkap dengan sarung tangan, kaos kaki, sepatu dan masker. Disana kami membawa bekal sob, namun entah laper atau karna apa malamnya kita makan pop mie. Tau ndak aku abis berapa pop mie? 2 sob,  keren kan hehehehe GJ. Hari semakin malam setelah sholat isya’ kami membagi tugas buat jaga. Kami berangkat baru jam 1 pagi sob.
Ketika kami berangkat ternyata ada tiket buat mendaki lo sob, wah kan kita ndak tau. Akhirnya sob kita nunggu sampai sejam agar bisa mendaki. Dalam pendakian mbak Prelia ini nih dikit-dikit berhenti sob, capek katanya. Aku sampai ndak sabaran lo sob, aku tinggal aja jadinya (jahat ya). Ketika pendakian aku juga sempat putus asa sob, kok ndak nyampek2 ya padahal udah nguoyo gitu sob. Tapi demi blue fire nya Ijen aku siap sob. Akhirnya dengan sekuat tenaga aku tiba sob di puncak nya Ijen. Namun sob, blue fire nya ndak kelihatan gara-gara kabut. Ah sial hehehe, tapi nggak papa sob yang penting pernah ke ijen. Di Ijen hal yang luar biasa adalah melaksanakan sholat shubuh di Ijen sob, kan ndak ada air tuh (ada sih air minum ama air di kawahnya, loe mau nyemplung?). Jadinya tayamum dah. Keren-keren sob. Sayang sob, aku juga endak bisa lihat sunrise L. Waktu nya pas itu ndak tepat. Oh, ya buat kalian yang belum pernah ke Ijen nih, ayo kesana murah kok. Ini nih cost nya masuk Ijen dll.
Uang keamanan : Rp. 3000
Uang Parkir         : Rp. 5000
Uang mendaki    : Rp. 5000
Murah kan sob hehehe, untuk uang transportnya itung sendiri ya sob. Aku kan emang asli Banyuwangi :p. Bagi sobat-sobat yang mau lihat foto petulangan ku di Ijen ini nih aku kasih. Cekidot.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar